f

Sabtu, 20 Juli 2019 - 07:05:55 WIB

Gejala Penyakit Pnumonia Yang Patut Di Waspadai

Diposting oleh : Administrator
Kategori: Kesehatan - Dibaca: 365 kali

Mungkin jarang orang yang mendengar tentang Penyakit ini. Meski, jarang terdengar dan tak sepopuler penyakit Kanker misalnya,namun bukan berarti penyakit ini boleh diremehkan.

Penyakit Pneumonia atau yang sering juga disebut sebagai paru-paru basah atau radang paru-paru ini ditandai dengan adanya infeksi dari satu atau kedua paru-paru yang biasanya disebabkan bakteri dan virus.

Iinfeksi tersebut menyerang alveoli yang merupakan bagian terkecil organ paru-paru berupa kantung udara. Alveoli yang terinfeksi akan dipenuhi dengan cairan atau nanah sehingga menghambat proses pernapasan. Pasalnya, alveoli adalah tempat bertukarnya oksigen dan karbon dioksida.

Penyakit ini di ketahui sering menyerang anak-anak, dan menjadi salah satu penyebab kematian terbesar pada anak dan balita. Karena itu, sebagai orang tua, kita harus waspada akan gejala yang di timbulkan oleh penyakit ini.

Penyebab Penyakit Pnumonia

Pneumonia terjadi karena penyebab tertentu, bisa disebabkan oleh virus maupun bakteri yang menyerang paru-paru. Selengkapnya, berikut adalah bakteri dan virus penyebab Pneumonia:

1. Bakteri Streptococcus dan Bakteri Mycoplasma Penumoniae.
2. Virus Penyebab Flu
3. Virus Penyebab Demam
4. RSV Virus (cenderung menyerang anak di bawah 1 tahun)

Sebagian besar penderita penyakit Pneumonia terjangkit bakteri atau virus yang disebabkan oleh lingkungan yang tidak sehat. Selain itu, sebuah penelitian yang dipublikasi di European Respiratory Journal mengungkapkan bahwa kondisi tangan yang tidak steril juga menjadi salah satu akar penyebab Pneumonia.

Misalnya, saat seseorang mengorek hidung dengan jari tangan alias mengupil. Apabila jari tangan dalam kondisi tidak bersih, bakteri yang awalnya berada di tangan akan berpindah melalui hidung ke organ tubuh bagian dalam sehingga menyerang paru-paru.

Untuk itu, penting untuk diperhatikan bahwa tangan harus selalu dalam keadaan bersih ketika ingin membersihkan lubang hidung. Namun, tidak hanya tangan yang harus diwaspadai kondisinya. Tubuh yang kotor akan mengundang perhatian virus dan bakteri sehingga dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh nantinya.

Gejala Penyakit Pneumonia

Gejala yang nampak pada penyakit pneumonia ini secara umum sangat bervariasi, dari yang ringan sampai yang berat. Semua bergantung pada sejumlah faktor seperti jenis kuman yang menyebabkan infeksi, usia, dan kesehatan secara menyeluruh.

Namun, sebagian besar gejala dan tanda-tanda ringan dari penyakit pneumonia mirip dengan pilek atau flu. Bedanya, gejala yang menghampiri tubuh bertahan lebih lama. Lebih lanjut, berikut informasi lengkap megenai gejala pneuomonia yang harus diwaspadai:

1. Demam, berkeringat, dan menggigil
2. Batuk berdahak
3. Nyeri dada ketika bernapas atau batuk
4. Sesak napas
5. Kelelahan
6. Mual, muntah, atau diare

Harus diketahui juga bahwa bayi yang baru lahir dan seorang balita kemungkinan besar tidak menunjukkan tanda-tanda infeksi. Biasanya, mereka akan muntah, demam, batuk, dan muncul rasa gelisah atau lelah tanpa sebab.

Selain itu, dapat pula dengan menghitung nafas si anak. Napas cepat ini disebut tachypjea. Untuk batasan frekuensi napas umur kurang dari dua bulan adalah 60 frekuensi napas, untuk anak usia 2 sampai 12 bulan adalah 50 frekuensi napas, sedangkan umur untuk anak usia 1 sampai 5 tahun adalah 40 frekuensi napas.

Sementara itu, pada orangtua berusia 65 tahun akan menunjukkan gejala berupa suhu tubuh lebih rendah, dan sistem kekebalan tubuhnya yang melemah. Disebutkan juga, orangtua yang memiliki radang paru-paru, terkadang mengalami perubahan mendadak dalam kesadaran mentalnya.




Isi Komentar :
  • Untuk mengatasi kelelahan disaat bekerja, Kementerian Kesehatan menerapkan Senam Peregangan untuk se
  • Waspadai Skip Challange ,permainan menghentikan pernafasan sesaat ini sangat berbahaya bagi kesehata
  • WHO mencatat sejak AIDS ditemukan hingga akhir 2015 terdapat 34 juta orang meninggal
  • Pemerintah Canangkan Germas, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat
  • Hari Ginjal Sedunia diperingati setiap hari Kamis minggu kedua pada bulan Maret, 9 Maret 2017

1362279

Pengunjung hari ini : 1
Total pengunjung : 1119
Hits hari ini : 929
Total Hits : 1362279
Pengunjung Online : 1
Pilih Browser Favorit Anda?

Lihat Hasil Poling

Website terkait :

Kementerian Kesehatan RI
Badan Litbang Kesehatan RI
Layanan Data Badan Litbangkes